Foto-Pendampingan-Sekolah-Efektif-Workshop-Pembelajaran-Berbasis-Literasi-dan-Pengembangan-Kreativitas-Diikuti-Seluruh-Guru.
Pembelajaran Berbasis Literasi dan Pengembangan Kreativitas sebagai tema pada workshop yang diselenggarakan SMP Negeri 1 Taman di Meeting Room Lantai 2, Jalan Satria Nomor 1 Ketegan Taman Sidoarjo, Sabtu (20/5/2023).
Acara dimulai pukul 08.00 WIB. Workshop ini didampingi Ustadz Dr. Syaifudin Noer, M.Pd., LCPC yang juga sebagai Direktur LPYM Dikdasmen SMP-SMA Insan Cendekia Mandiri Boarding School.
Kepala Sekolah Ibunda Dra. Masroh Hidajati, M.Pd. menyampaikan bahwa kreativitas peserta didik di SMP Negeri 1 Taman dapat berubah dan dapat menjadi lebih hebat, lebih baik lagi di masa-masa yang akan datang. Beliau juga sangat mendukung perubahan yang lebih baik.
Foto Kepala Sekolah Ibu Dra. Masroh Hidajati, M.Pd. saat Sambutan
Sekolah efektif adalah sekolah yang berhasil mencapai tujuan utamanya, yaitu memberikan pendidikan yang berkualitas kepada siswa dengan cara yang efisien dan efektif. Sekolah efektif menciptakan lingkungan belajar yang memungkinkan siswa mencapai potensi mereka secara maksimal.
Berikut adalah beberapa karakteristik yang umumnya dimiliki oleh sekolah efektif. Pertama, kualitas pengajaran. Sekolah efektif menekankan pada pengajaran yang berkualitas tinggi.
Guru-guru yang kompeten dan berpengalaman memberikan pembelajaran yang efektif dan relevan. Mereka menggunakan berbagai strategi pengajaran yang beragam untuk memenuhi kebutuhan individu siswa.
Kedua, standar akademik yang tinggi. Sekolah efektif menetapkan standar akademik yang tinggi untuk siswa mereka. Mereka menumbuhkan ekspektasi yang tinggi terhadap prestasi siswa dan memberikan dukungan yang diperlukan agar siswa dapat mencapai standar tersebut.
Ketiga, lingkungan belajar yang positif. Sekolah efektif menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan mendukung. Mereka mempromosikan iklim sekolah yang ramah, di mana siswa merasa diterima dan didukung dalam perkembangan pribadi dan akademik mereka.
Keempat, keterlibatan orang tua. Sekolah efektif melibatkan orang tua sebagai mitra dalam pendidikan siswa. Mereka menjalin komunikasi yang terbuka dengan orang tua, melibatkan mereka dalam proses pengambilan keputusan, dan memberikan dukungan untuk melibatkan orang tua dalam pendidikan anak-anak mereka.
Kelima, evaluasi dan pemantauan. Sekolah efektif melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran dan hasil pencapaian siswa secara teratur. Mereka menggunakan data dan informasi yang diperoleh dari evaluasi tersebut untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan mengadopsi strategi yang lebih baik.
Keenam, pengembangan profesional. Sekolah efektif memberikan kesempatan pengembangan profesional kepada guru dan staf sekolah. Mereka mendorong guru untuk terus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka agar dapat memberikan pengajaran yang lebih baik.
Ketuju, sekolah efektif berupaya secara terus-menerus untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang mereka berikan. Mereka fokus pada pembelajaran yang bermakna, pengembangan siswa secara menyeluruh, dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan dunia yang terus berkembang.
Menurut Ustadz Syaif, tugas inti sekolah adalah membangun karakter, mengantisipasi masa depan dengan membangun kompetensi dan membangun kreativitas. Sedangkan langkah yang bisa dilakukan dengan memperbaiki pembelajaran terkait karakter, Proses Belajar Mengajar (PBM) berbasis minat dan PBM berbasis kreativitas serta memperbaiki manajemen baik manajemen perubahan, desain kurikulum dan coaching pembelajaran.
Foto Narasumber Ustadz Dr. Syaifudin Noer, M.Pd., LCPC sedang Memberikan Materi
Bagaimana cara membangun sekolah efektif yaitu dengan memberikan pendidikan kepada siswa. Pendidikan yang melibatkan penyampaian pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang relevan untuk perkembangan siswa. Sekolah bertanggung jawab untuk menyusun kurikulum yang sesuai, merancang strategi pengajaran yang efektif, dan memberikan pembelajaran yang bermakna kepada siswa.
Penulis,
Amins
Komentar